survei-kepuasan-perangkat-daerah-terhadap-aparat-pengawasan-intern-pemerintah-apip

Inspektorat Kabupaten Serang melaksanakan survei persepsi kepuasan perangkat daerah terhadap Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), hal ini dalam rangka meningkatkan kinerja APIP Inspektorat agar lebih akuntabel, professional, transparan dan objektif dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Survei dilakukan di 24 (Dua puluh empat) satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan kecamatan yang menjadi sampel dalam survei ini, metode yang digunakan dalam survei ini adalah metode deskriptif yang menggambarkan kondisi saat ini sedangkan alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri dari 23 pernyataan essai untuk komentar atau saran dari SKPD  untuk kinerja APIP. Adapun pernyataan di dalam kuesioner  dibuat sederhana, singkat dan jelas sehingga mudah dipahami oleh Responden. Hasil survei disajikan dalam bentuk tabel dan data dianalisa secara univariat.

Tingkat kepuasan Auditi penting untuk diketahui oleh Inspektorat Kabupaten Serang agar dapat mengidentifikasi kelemahan dari setiap dimensi dalam menjalankan tugas dan fungsi APIP serta untuk kinerja sistem pengawasan internal di Inspektorat Kabupaten Serang. Tingkat kepuasan diukur berdasarkan kurun waktu pemeriksaan, independensi APIP, integritas dan profesonalisme APIP, penugasan Assurance APIP, Penugasan Consulting APIP, Temuan.

Semoga hasil survei ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kinerja dan umpan balik APIP Inspektorat Kabupaten Serang dalam melaksanakan tugasnya dan perbaikan survei yang akan datang baik metode maupun teknik serta analisa datanya.