kunjungan-kerja-inspektorat-kabupaten-tapin-provinsi-kalimantan-selatan

inspektorat Kabupaten Serang menerima kunjungan Inspektorat Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan dikantor Inspektorat pada Kamis, 03 Juni 2021. Inspektorat Kabupaten Tapin yang dipimpin langsung oleh Inspektur Unda Ansori dan beberapa jajarannya seperti Sekretaris, Inspektur Pembantu, Kepala Sub Bagian dan Pejabat Fungsional berkunjung dengan maksud melakukan studi banding dalam upaya peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia Inspektorat Kabupaten Tapin.

Dimulai pukul 10.45 WIB, acara berlangsung santai dan akrab, diawali dengan pemaparan oleh masing-masing Inspektur. Kemudian Rusdian Noer selaku Inspektur Pembantu Inspektorat Kabupaten Tapin menanyakan perihal Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan proses pengaduan masyarakat di Inspektorat Kabupaten Serang. “Pada tahun 2019 penilaian SAKIP pemerintah Kabupaten Serang adalah A, dan pada tahun 2020 adalah BB dan untuk tindaklanjut temuan diangka 98%”, jelas Inspektur Rachmat Jaya. “Diperlukan pembinaan SAKIP kepada setiap SKPD dimasing-masing Irban, serta infrastruktur atau dokumen kategori SAKIP dan paradigma perilaku organisasi yang baik dan berkelanjutan”, Raden Lukman selaku Auditor PPUPD menambahkan.

Selain itu perwakilan Inspektorat Tapin juga bertanya mengenai penggunaan aplikasi Sibijak dan dijelaskan oleh Sekretaris Inspektorat Kabupaten Serang bahwa di Inspektorat Kabupaten Serang sendiri sedang berlangsung sosialisasi tentang aplikasi Sibijak ini dan kedepannya diharapkan dapat dipergunakan dengan baik oleh para Auditor. Dan beberapa pertanyaan lain seperti Tupoksi, pembagian urusan Irban V dan probity audit yang ditanyakan oleh Irban V Inspektorat Kabupaten Tapin Shinta Mayan, lalu tentang masalah pembinaan triwulan yang ditanyakan oleh H. Muliyana selaku Irban II Inspektorat Kabupaten Tapin, dan masalah PKPT berbasis resiko yang ditanyakan oleh Edi Jayadi selaku Kasubag Program Inspektorat Kabupaten Tapin.

Secara keseluruhan acara berjalan santai dan penuh pertukaran informasi. Diharapkan dari kunjungan kerja tersebut terjalin komunikasi yang baik, serta kemajuan kinerja dari masing-masing lembaga.(admin)