kegiatan-program-pelatihan-mandiri-inspektorat-kabupaten-serang

Pelaksanaan kegiatan Program Pelatihan Mandiri (PPM) merupakan agenda rutin yang dilaksanakan  Inspektorat dalam meningkatkan kapabilitas Sumber Daya Manusia APIP lingkup Inspektorat Daerah Kab. Serang Provinsi Banten.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Inspektur Daerah Kab. Serang, Drs.H.Rachmat Jaya.,M.Si dan dihadiri oleh Sekretaris Inspektorat Daerah Kab. Serang beserta para Auditor Keuangan, Auditor PPUPD, Pejabat Struktural dan para staf.

Tema yang diangkat pada PPM kali ini adalah Probity Audit, Peran APIP dalam Pelaksanaan Pengawasan Pengadaan Barang dan Jasa Covid-19 dan Investigasi dan Rencana Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tahun 2021 berbasis Prioritas dan Risiko. Kegiatan PPM ini dilakukan untuk peningkatan kapabilitas auditor salah satunya dan juga untuk berbagi pengetahuan dan ilmu yang berkenaan dengan pengawasan internal dan pengelolaan keuangan negara di lingkungan Inspektorat Kabupaten Serang. Kegiatan PPM yang dilaksanakan secara rutin ini merupakan salah satu bentuk sharing informasi dan pengetahuan terkait pengawasan kepada seluruh auditor, mengingat materi pelatihan disampaikan oleh para auditor yang telah melakukan diklat penjejangan ataupun diklat yang bersifat teknis.

Adapun target dari pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kapabilitas APIP (Aparat Pengawasan Internal Pemerintah) menjadi level 4 pada tahun 2021. Sebagaimana diketahui, saat ini masih berada pada level 3 menuju ke level 4. Diharapkan dengan mengacu pada pola yang dikembangkan oleh Institute Internal Auditor International  (IIAI) kita bisa mencapai target yakni level 4 pada tahun 2021.