Quick Info
 

REVIUW PA/PBJ, SERTA PENYERAPAN DAN PENYALURAN ADD T.A. 2017

Jumat, 2 Maret 2018 | 09:57:49 WIB
 
 

Serang – Senin 02 Maret 2018 menindaklanjuti Surat Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Propinsi Banten Nomor : S-87/PW30/3/2018 tertanggal 30 Januari 2018 Perihal Pendampingan kepada APIP Pemda berkait kegiatan reviuw pengadaan barang / jasa dan penyerapan anggaran serta penyaluran dan penggunaan dana desa triwulan IV tahun 2017, Inspektorat Kabupaten Serang membentuk Tim Reviu PA/PBJ, Penyerapan dan Penyaluran Dana Dana yang tertuang dalam Surat Perintah Nomor: 800/103/Insp/2018 tertanggal 12 Februari 2018, dengan waktu pekasanaan kegiatan terhitung mulai tanggal 12 s/d 28 Februari 2018 selama 12 (dua belas) hari kerja.

Dengan dilakukannya reviuw penyerapan anggaran dan tender pengadaan barang / jasa pemerintah serta penyaluran dan penggunaan dana desa secara berkesinambungan dan berkala setiap per 3 (tiga) bulan (Triwulan) diharapkan dapat mempermudah APIP untuk menghasilkan informasi mengenai perkembangan pelaksanaan PA/PBJ dan ADD, sehingga peran APIP sebagai early warning dan quality assuranse dapat sekaligus dilaksanakan pada saat melakukan kegiatan reviuw tersebut.

Tujuan reviuw penyerapan anggaran dan pengadaan barang / jasa, dan penyaluran dan penggunaan anggaran tahun 2017 oleh APIP Kabupaten Serang adalah ;

1. Mengetahui jumlah anggaran dan realisasi belanja barang, modal, dan belanja bansos pada APBD serta belanja lainnya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Serang tahun anggaran 2017 per triwulan.

2. Mengetahui jumlah belanja modal dan belanja barang APBD Pemerintah Kabupaten Serang tahun anggaran 2017 yang telah dilakukan pelelangan, ditetapkan pemenang, ditandatangani kontrak, gagal lelang dan tingkat penyelesaian paket pekerjaan pada setiap akhir triwulan.

3. Mengidentifikasi hambatan dan memeberikan solusi/saran perbaikan atas hambatan penyerapan anggaran, pelaksanaan pengadaan barang/jasa serta penyaluran dan penggunaan Dana Desa.

Adapun Metode reviuw adalah ;

1. Melakukan pengumpalan data dan informasi

Pada tahapan ini tim reviuw melakukan pengambilan data ke OPD teknis yang berkaitan dengan pagu anggaran APBD 2017, rencana dan realisasi anggaran, target dan realisasi pengadaan barang / jasa, serta penyaluran dan penggunaan dana desa

2. Melakukan analisis perbandingan data dan informasi

Pada tahapan ini tim reviuw melakukan analisis dengan cara melakukan pembandingan antara rencana anggaran dengan realisasi anggaran per triwulan nya sedangkan untuk pengadaan barang / jasa di lakukan analis terhadap target pengadaan barang dan jasa dengan realisasi pengadaan barang / jasa (jumlah paket yang diumumkan pemenangnya, penandatangan kontrak, tingkat penyelesaian dan paket yang gagal lelang )

3. Wawancara

Pada tahapan ini tim reviuw menggali informasi dengan menyampaikan pertanyaan berkenaan dengan realisasi anggaran yang tidak maksimal serta paket pengadaan barang/jasa yang tidak sepenuhnya dapat dilakukan melalui ULP, serta berkenaan dengan permasalahan penyaluran dan penggunaan dana desa.

. Selanjutnya kegiatan reviuw tersebut dituangkan oleh tim reviuw Kabupaten Serang dalam Kertas Kerja Reviuw yang selanjutnya dijadikan sebagai dasar untuk mengisi form yang terdapat pada Aplikasi PA/PBJ serta penyaluran dan penggunaan ADD BPKP – RI yang tentunya Aplikasi tersebut mempermudah Presiden untuk mengetahui dengan lebih cepat perkembangan penyerapan PA/PBJ serta penyaluran dan penggunaan ADD di seluruh wilayah Indonesia.

 

Fields with * are required.

Komentar

No results found.

Berita Lainnya

JADWAL SHOLAT

FOTO KEGIATAN

#

Online Chat

Social Media

#
#
#
#

Hukum Inspektorat

TAUTAN

# # # # # #

FACEBOOK

 

TWITTER