Quick Info
 

RAPAT KERJA INSPEKTORAT KAB. SERANG

Selasa, 23 Januari 2018 | 09:33:14 WIB
 
 

Serang – Senin 23 Januari 2018 dilaksanakan Rapat Kerja di Ruangan Aula Inspektorat Kabupaten Serang yang dihadiri oleh seluruh Aparat Sipil Negara di lingkungan Inspektorat Kabupaten Serang (Pejabat Struktural, Fungsional Auditor dan Pelaksana yang di pimpin oleh Inspektur Kabupaten Serang (Drs. H. Rachmat Jaya, M.Si).

Pada kesempatan ini beliau menyampaikan beberapa hal yang dianggap perlu untuk diketahui oleh seluruh ASN di lingkungan Inspektorat Kabupaten Serang diantaranya adalah :

1. Pada hari Kamis – Jum’at tanggal 25 – 26 Januari 2018 akan disampaikan hasil evaluasi SAKIP oleh Kementrian PAN – RB yang akan dilaksanakan di Kepulauan Batam.

2. Telah direleasenya daftar APIP Propinsi/Kabupaten/Kota yang telah masuk level 3 oleh BPKP, dimana dalam daftar tersebut Inspektorat Kabupaten termasuk di dalamnya meski dengan catatan.

3. Perlu dibentuknya TIM yang bergerak secara khusus untuk menangani peningkatan atas Penilaian Maturitas SPIP pada saat ini di nilai oleh BPKP 3.1.1 dapat ditingkatkan pada akhir tahun 2018 agar mendekati nilai 4.

Dalam penjelasannya merujuk pencapaian hasil evaluasi SAKIP Pemerintah Kabupaten Serang Tahun lalu dengan Predikat “BB”, Inspektur berharap tahun ini minimal diperolah predikat yang sama atau Predikat “A”, oleh karena itu kedepan Inspektorat Kabupaten Serang pada tahun 2018 agar lebih berperan aktif dalam mengintervensi OPD dengan cara mentransfer knowledge, membina, dan memfasilitasi agar penilaian SAKIP pada OPD di Wilayah Kabupaten Serang seluruhnya minimal memperoleh nilai “B”, hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah apabila seluruh Auditor di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Serang selangkah di depan dalam mengetahui dan memahami peraturan yang berkenaan dengan penyusunan SAKIP.

Sedangkan Atas pencapaian APIP level 3 dengan catatan oleh BPKP, Inspektur mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kinerja dari seluruh ASN di lingkungan Inspektorat Kabupaten Serang beserta TIM yang telah berusaha untuk memenuhi seluruh elemen kelengkapan yang dibutuhkan untuk pemenuhan Kapabilitas APIP level 3 yang diminta oleh TIM dari BPKP, selanjutnya beliau menyampaikan agar dapat menghilangkan dengan catatan pada APIP level 3 tersebut diinstruksikan kepada Sekretaris agar bekoordinasi dengan Irban I,II,III, dan IV untuk segera melengkapi kekurangan yang mesti dipenuhi dan menyampaikannya kepada TIM Penilai Kapabilitas APIP Level III BPKP.

selanjutnya untuk pencapaian Maturitas SPIP, beliau menyampaikan terlebih dahulu arti Maturity Level yaitu tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP dalam mencapai tujuan Pengendalian Intern yang ditandai oleh eksistensi control design yang bersifat hard dan soft control. Sehingga jelas SPIP dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi sesuai dengan visi dan misinya dan fokus penilaian keandalan penyelenggaraan Pengendalian Intern pada 5 (lima) unsur yaitu; 1. Lingkungan Pengendalian, 2. Penilaian Resiko, 3. Aktifitas Pengendalian, 4. Informasi dan Komunikasi, 5. Pemantauan Pengendalian Intern.

Beliau juga menyampaikan bahwa tigkat maturitas SPIP Kabupaten Serang pada nilai 3.1.1 dan diharapkan pada akhir tahun 2018 dapat lebih ditingkatkan lagi, untuk itu peran TIM khusus untuk meningkatkan maturitas SPIP harus memiliki program kerja yang terukur dan terarah sehingga dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam melakukan intervensi kepada OPD di wilayah Kabupaten Serang dalam peningkatan maturitas SPIP di lingkungan kerjanya.

 

Fields with * are required.

Komentar

No results found.

Berita Lainnya

JADWAL SHOLAT

FOTO KEGIATAN

#

Online Chat

Social Media

#
#
#
#

Hukum Inspektorat

TAUTAN

# # # # # #

FACEBOOK

 

TWITTER