Quick Info
 

KEGIATAN STOCK DAN CASH OPNAME 2018

Jumat, 12 Januari 2018 | 08:46:58 WIB
 
 

Serang – Senin 8 Januari 2018 berdasarkan Peraturan Bupati Serang No. 84 Tahun 2016 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Uraian Tugas Inspektorat Kabupaten Serang dan Surat Perintah Nomor: 700/37-Inspektorat/2018 tertanggal 4 Januari 2018, Inspektur Kabupaten Serang selaku Penanggung Jawab beserta Tim melakukan kegiatan Cash dan Stock Opname Sisa Persediaan Barang Pakai Habis Tahun 2017 pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Serang. adapun waktu pelaksanaan kegiatan terhitung mulai tanggal 08 s/d 19 Januari 2018 selama 10 (sepuluh) hari kerja.

Kegiatan Cash dan Stock Opname merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Inspektorat Kabupaten Serang setiap akhir Tahun Anggaran, hal tersebut bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai atas penyajian Laporan Kas dan Persediaan Barang Pakai Habis pada Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang Tahun Anggaran 2017.

Merujuk pada pengertian cash opname itu sendiri merupakan audit kas atau pemeriksaan secara fisik (uang logam dan uang kertas) dan membandingkan antara jumlah catatan akuntansi dengan uang kas yang dipegang saat ini baik itu uang yang disimpan di brankas ataupun yang ada di tangan (cash in on hand) saat ini. Sedangkan stock opname merupakan kegiatan penghitungan fisik persediaan yang ada di gudang untuk kemudian di distribusikan baik ke bidang/bagian yang ada di OPD tersebut maupun ke masyarakat / penerima, Hal ini untuk mengetahui keakuratan catatan pembukuan yang merupakan salah satu fungsi sistem pengendalian intern. Melalui cash dan stock opname akan diketahui keakuratan pembukuan kas dan pembukuan stok persediaan. Apabila terjadi selisih antara cash dan stock opname dengan catatan pembukuan, maka kemungkinan ada transaksi yang belum dicatat atau terjadi kecurangan (fraud).

Seluruh biaya yang ditimbulkan oleh kegiatan cash dan stock opname dibebankan pada Anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Serang. dan seperti pada setiap surat penugasan yang diterbitkan oleh Inspektorat Kabupaten Serang ditekankan kepada seluruh Aparat yang ditugaskan melakukan cash dan stock opename “ dilarang menerima / menjanjikan sesuatu apapun yang berkaitan dengan tugas pengawasan “

 

Fields with * are required.

Komentar

No results found.

Berita Lainnya

JADWAL SHOLAT

FOTO KEGIATAN

#

Online Chat

Social Media

#
#
#
#

Hukum Inspektorat

TAUTAN

# # # # # #

FACEBOOK

 

TWITTER