Quick Info
 

RAPAT PENYUSUNAN PKPT BERBASIS RESIKO TAHUN 2018 INSPEKTORAT KAB. SERANG

Kamis, 21 Desember 2017 | 01:25:30 WIB
 
 

Serang – pada tanggal 18 - 20 Desember 2017 telah dilaksanakan Kegiatan Rapat Penyusunan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) berbasis resiko Tahun 2018 Inspektorat Kabupaten Serang bertempat di Ruang Rapat Hotel Aryaduta Village - Tangerang, yang diikuti oleh seluruh Pegawai ASN di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Serang.

Acara di mulai dengan sambutan dari Inspektur Kabupaten Serang (Drs. H. Rachmat Jaya, M.Si), yang menyampaikan arahan dan harapan dengan dilaksanakannya PKPT berbasis resiko tahun 2018 agar prosentase audit lebih mengarah kepada peran Inspektorat sebagai konsultan, bagaimana SAKIP Kabupaten Serang Tahun 2018 lebih baik dari Tahun 2017 yang hanya memperoleh nilai B oleh sebab itu Inspektur Pembantu Wilayah beserta Auditor di bawahnya agar melakukan intervensi dengan cara melakukan pembinaan dan monitoring berkenaan dengan harus matchingnya IKU OPD dengan RPJMD Kabupaten Serang dan mengevaluasi program yang telah dilaksanakan agar OPD dapat lebih baik dan Akuntabel. hal lainnya perlu ada strategi yang mesti diatur agar seluruh Desa di wilayah Kabupaten Serang dapat dilakukan pembinaan seperti misalnya dengan cara di kumpulkan di Kecamatan, kegiatan bimtek atau kegiatan lainnya. Inspektur juga berharap dengan penyusunan PKPT berbasis resiko diharapkan APIP dapat lebih banyak memberikan manfaat sehingga kehadiran APIP dapat meringankan beban dan sebagai trouble solver bukan menambah masalah pada OPD. Sebagai bukti komitmen pada kesempatan itu dilaksanakan penandatangan Pakta Integritas oleh seluruh APIP di lingkungan Inspektorat Kabupaten Serang yang secara simbolis di tandatangani oleh Sekretaris, Irbanwil I, II, dan IV dan disaksikan oleh Inspektur sedangkan yang lain mengikuti selanjutnya.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian hal - hal teknis yang perlu diperhatikan dalam penyusunan PKPT berbasis resiko oleh Sekretaris Inspektorat Kabupaten Serang, yang dilanjutkan dengan pembahasan PKPT berbasis resiko yang dimulai dengan ekspose dari masing-masing Inspektur Pembantu Wilayah yang memaparkan tentang jumlah wilayah binaan dan resiko berdasarkan beberapa elemen yang dijadikan sebagai acuan penilaian sehingga terumuskan jumlah hari efektif dan anggaran pengawasan selama 1 (satu) Tahun Anggaran setelah dikurangi hari libur, hari-hari besar nasional dan elemen-elemen pengurang lainnya.

Ada yang beda dari Rapat PKPT tahun ini dimana pada hari kedua rapat Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten (DR. Bonardo Hutauruk, Ak,. M.M) mengapresiasi kegiatan PKPT Inspektorat Kabupaten Serang dengan bersedia dan meluangkan waktunya untuk hadir di acara tersebut. Beliau menyampaikan bahwa APIP harus meninggalkan pradigma lama yaitu melakukan audit operasional keseluruhan sekarang harus audit berbasis resiko serta pengawasan harus merujuk kepada pemeriksaan BPK – RI yaitu yang berkaitan dengan Dana Hibah Bantuan Sosial, Audit Probity Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Pengelolaan Retribusi dan Perijinan. Acara rapat penyusunan PKPT berbasis resiko Tahun 2018 Inspektorat Kabupaten Serang ditutup oleh Sekretaris Inspektorat Kabupaten Serang pada hari rabu tanggal 20 Desember 2018 Jam 11.00 Wib

 

Fields with * are required.

Komentar

No results found.

Berita Lainnya

JADWAL SHOLAT

FOTO KEGIATAN

#

Online Chat

Social Media

#
#
#
#

Hukum Inspektorat

TAUTAN

# # # # # #

FACEBOOK

 

TWITTER