Quick Info
 

BIMTEK PROBITY AUDIT INSPEKTORAT KAB. SERANG

Senin, 18 Desember 2017 | 10:04:02 WIB
 
 

Serang – pada tanggal 14 - 15 Desember 2017 telah dilaksanakan Kegiatan Program Pelatihan Mandiri (PPM) Penerapan Probity Audit dalam pengadaan Barang / Jasa dalam Pengawasan Internal di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang bertempat di Ruang Rapat Hotel Le Dian Serang, yang diikuti oleh seluruh Pegawai ASN di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Serang dengan Narasumber Bapak Ishak Musa (Widyaiswara Provinsi Banten).

Acara di mulai dengan laporan panitia pelaksana kegiatan yang disampaikan oleh Sekretaris Inspektorat Kabupaten Serang (H. Epi Priatna, S.Sos, M.Si) dan di lanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Inspektur Kabupaten Serang (Drs. H. Rachmat Jaya, M.Si), pada kesempatan tersebut Inspektur Kabupaten Serang menyampaikan arahan dan harapan dengan dilaksanakannya Bimbingan Teknis Probity Audit Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan Inspektorat dapat meningkatkan Pemahaman para Auditor shingga pada saat melakukan Probity Audit Pengadaan Barang/Jasa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Serang akan berdampak pada pengambilan keputusan dalam memperbaiki perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pengadaan barang/jasa agar lebih efektif, efisien, terbuka dan bersaing, transparan, adil/tidak diskriminatif serta akuntabel.

Pada Bimbingan Teknis Penerapan Probity Audit dalam pengawasan internal narasumber memberikan penjelasan mengenai hal - hal sebagai berikut :

1. Peraturan pengadaan barang / jasa

2. Definisi pengadaan barang / jasa

3. Kedudukan pengadaan dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan

4. Ruang lingkung barang / jasa

5. Jenis pengadaan barang / jasa

6. Mengapa harus dilakukan pengadaan barang/jasa

7. Prinsip Pengadaan

8. Etika pengadaan dan good governance

9. Kebijakan umum proses pengadaan barang/jasa

10. Teknis proses pelaksanaan barang/jasa mulai dari penyusunan RUP sampai dengan penandatanganan serta pelaksanaan kontrak pengadaan barang/jasa.

Selain menerima materi tentang penerapan probity audit peserta Bimtek juga di libatkan dalam penyusunan prosedur probity audit yang dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok. Setelah selesai menyusun prosedur tersebut masing-masing kelompok yang diwakili oleh ketua kelompoknya memaparkan tentang prosedur yang dibuat dan untuk kelompok yang lainnya bersama-sama melakukan telaahan dan kajian serta masukan atas apa yang telah di paparkan yang tentunya dipandu oleh Narasumber. Hasil dari diskusi kelompok tersebut dimungkinkan untuk dijadikan sebagai prosedur baku pada saat melakukan probity audit pada Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Serang.

 

Fields with * are required.

Komentar

No results found.

Berita Lainnya

JADWAL SHOLAT

FOTO KEGIATAN

#

Online Chat

Social Media

#
#
#
#

Hukum Inspektorat

TAUTAN

# # # # # #

FACEBOOK

 

TWITTER