Quick Info
 

MENUJU LEVEL 2

Kamis, 23 April 2015 | 11:06:41 WIB
 
 

INSPEKTORAT KABUPATEN SERANG MENUJU LEVEL 2

 

Dalam rangka meningkatkan kapasitas Kelembagaan Pengendalian Intern Pemerintah (APIP), saat ini Inspektorat Kabupaten Serang tengah menyusun langkah menuju Level 2. Berdasarkan Pasal 11 Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008,mengamanatkan perwujudan peran APIP yang efektif yaitu:  

1. memberikan keyakinan yang memadai atas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas    dan   fungsi Instansi Pemerintah,

2. memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko dalam    penyelenggaraan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah,

3. memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah.

 

Untuk dapat menjalankan tugas tersebut, maka unit APIP harus memiliki kapabilitas yang memadai, baik dari aspek kelembagaan, proses bisnis/tata kelola pengawasan, maupun SDM. Berdasarkan assessment atas kapabilitas APIP dengan menggunakan model Internal Audit Capability Model (IA-CM), diperoleh gambaran mengenai areas of improvement dari masing-masing APIP. Berdasarkan areas of improvement itulah APIP menyusun perencanaan jangka panjang peningkatan kapabilitas APIP yang akan menjadi dasar untuk mengembangkan organisasi APIP lebih lanjut menuju APIP yang efektif.

Apakah itu Level 2 ? Berada pada APIP Level 2 artinya APIP berada pada pembentukan dan penguatan infrastruktur. Pada Level 2 APIP dalam hal ini Inspektorat Kabupaten Serang diharapkan mampu menjamin proses sesuai dengan peraturan serta mampu mendeteksi terjadinya korupsi di lingkungan pengendaliannya (obrik).

 

Fields with * are required.

Komentar

No results found.

Berita Lainnya

JADWAL SHOLAT

FOTO KEGIATAN

#

Online Chat

Social Media

#
#
#
#

Hukum Inspektorat

TAUTAN

# # # # # #

FACEBOOK

 

TWITTER