Quick Info
 

Inspektorat Bertekad Jadi Teladan

Kamis, 4 Desember 2014 | 07:43:25 WIB
 
 

SERANG - Inspektorat Kabupaten Serang bertekad menjadi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) teladan bagi SKPD-SKPD lainnya di Kabupaten Serang. 
Inspektur Kabupaten Serang Rachmat Jaya mengatakan bahwa upaya yang dilakukan salah satunya adalah dengan meningkatkan kedisiplinan para pegawai inspektorat. "Masuk kerja, apel pagi harus tepat waktu. Saat melakukan pemeriksaan harus profesional, karena ini melekat pada tugas pokok dan fungsi pemeriksa. Aparat pemeriksa juga tidak boleh menerima apapun terkait obyek yang diperiksa," kata Rachmat Jaya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/4). 

Menurutnya, bukan tidak mungkin terjadi kerjasama antara pegawai pemeriksa dengan obyek yang diperiksa. "Bisa saja ada kerjasama melakukan sesuatu, seperti temuannya tidak muncul. Kita berkomitmen tidak menerima apapun terkait obyek pemeriksaan," katanya. 

Rachmat mengatakan, inspektorat memiliki tugas melakukan pemeriksaan terhadap pekerjaan yang sudah dilakukan oleh lembaga pemerintah yang menggunakan dana APBD. Fungsi pemeriksaan adalah bagaimana melakukan pengawasan secara efektif dan efisien terhadap badan, dinas, kecamatan, sampai desa. Hal itu bertujuan agar program kegiatan Pemkab Serang bisa berjalan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku, termasuk masalah kedisiplinan dan masuk kerja. "Karena itu, inpektorat harus bagus dulu institusinya. Ada tanggung jawab moral, mengajak agar tugas sesuai dengan aturan perundang-undangan," katanya. Ia juga mengungkapkan perihal rencana penataan kelembagaan di inspektorat. Ke depan, inspektorat jabatan strukturalnya hanya sampai ke selon III. Di bawah eselon III akan diubah menjadi pegawai fungsional. Hal itu sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 46 Tahun 2007.  "Ada sekitar 12 pegawai yang nanti jadi fungsional. Kita menyiapkan tenaga-tenaga auditor yang andal," katanya. 

Rachmat mengatakan bahwa ia optimistis Kabupaten Serang akan kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI dalam laporan keuangan 2012. Keoptimisannya didasarkan pada keseriusan tindak lanjut temuan BPK RI oleh SKPD-SKPD. "Kita serius. Ke depan kinerja memang harus lebih baik dan terus ditingkatkan. (fikri) 

 

Fields with * are required.

Komentar

No results found.

Berita Lainnya

JADWAL SHOLAT

FOTO KEGIATAN

#

Online Chat

Social Media

#
#
#
#

Hukum Inspektorat

TAUTAN

# # # # # #

FACEBOOK

 

TWITTER