Quick Info
 

SOSIALISASI SABER PUNGLI DI KECAMATAN CIKANDE

Selasa, 18 September 2018 | 09:02:34 WIB
 
 

Serang – pada tanggal 17 September 2018 telah dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Aula Kantor Kecamatan Cikande Kabupaten Serang yang dilakukan oleh Tim UPP Saber Pungli Tingkat Kabupaten Serang yaitu dari Unsur Inspektorat Kabupaten Serang dalam hal ini di wakilkan kepada Inspektur Pembantu Wilayah II dan III Inspektorat Kabupaten Serang serta dari Unsur Kepolisian yang diwakili oleh Kasat Bimas Polres Serang AKP Yulianto dan Iptu Ahmadi yang diikuti oleh Camat beserta Staff, Kanit Bimas Polsek Cikande. Kepala UPTD Disdik Kec. Cikande, Kepala Sekolah Se – Kecamatan Cikande, Kepala Desa Se – Kecamatan Cikande dan Ketua Karang Taruna Tingkat Kecamatan Cikande.

Adapun dasar melaksanakan kegiatan sosialisasi adalah :

1. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 Tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bersih Dan Bebas Dari Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme

2. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih.

3. Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 700/4277/Sj Tanggal 11 November 2016 Tentang Pembentukan Unit Satgas Pemberantasan Pungli Tingkat Provinsi Dan Kabupaten/Kota.

4. Keputusan Gubernur Banten Nomor : 703.05/Kep.18-Huk/2017 Tanggal 02 Februari 2017 Tentang Pelaksanaan Operasi Pemberantasan Pungutan Liar.

5. Keputusan Bupati Serang Nomor : 180/Kep.22 –Huk Org/2017 Tanggal 20 Januari 2017 Tentang Pelaksanaan Operasi Pemberantasan Pungutan Liar Di Wilayah Hukum Kabupaten Serang.

Pungutan Liar (Pungli) adalah pengenaan biaya atau pungutan ditempat yang seharusnya tidak ada biaya dikenakan atau dipungut dilokasi atau pada kegiatan tersebut tidak sesuai ketentuan. Sehingga dapat diartikan sebagai kegiatan memungut biaya atau meminta uang secara paksa oleh seseorang kepada pihak lain dan hal tersebut merupakan sebuah praktek kejahatan atau perbuatan pidana. Adapun visi dengan dibentuknya Satuan Tugas Saber Pungli adalah terwujudnya pelayanan publik pada kementerian / lembaga dan pemerintah daerah yang terbebas dari pungutan liar sedangkan Misi nya adalah :

1. Membangun sistem pencegahan & pemberantasan pungutan liar.

2. Membangun sistem pengumpulan pengolahan penyajian data & informasi dari kementerian/lembaga/Pemerintah Daerah & pihak lain yang terkait dengan menggunakan teknologi informasi.

3. Membangun & menginternalisasi budaya anti pungli pada tata pemerintahan & masyarakat.

4. Mengoordinasikan, merencanakan & melaksanakan operasi/kegiatan pemberantasan pungutan liar.

5. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik melalui transparansi & standarisasi pelayanan, sesuai peraturan perundang-undangan & menghapuskan pungutan liar.

Sosialisasi ini merupakan salah satu media untuk menyampaikan informasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang tentang dampak sosial yang diakibatkan oleh pungutan liar sekaligus juga sebagai early warning sistem agar ASN tidak menyalahgunakan wewenang dan jabatannya dalam melaksanakan tugas dan fungsi nya khususnya yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik. Inspektorat selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah berkomitmen akan terus berupaya untuk meminimalisir segala praktek-praktek yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan serta segala bentuk pungutan liar yang ada di Wilayah Kabupaten Serang, hal ini sesuai dengan Motto Inspektorat Kabupaten Serang yaitu “ Biasakan yang Benar bukan Membenarkan yang Biasa “.

 

Fields with * are required.

Komentar

No results found.

Berita Lainnya

JADWAL SHOLAT

FOTO KEGIATAN

#

Online Chat

Social Media

#
#
#
#

Hukum Inspektorat

TAUTAN

# # # # # #

FACEBOOK

 

TWITTER