Quick Info
 

PEMBINAAN MATURITAS SPIP TAHUN 2018

Kamis, 12 Juli 2018 | 04:02:55 WIB
 
 

Serang – pada tanggal 27 Juni s/d 17 Juli 2018 dilaksanakan Kegiatan Pembinaan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Kabupaten Serang Tahun 2018 yang dituangkan dalam Surat Perintah Nomor : 700/379/Inspektorat/2018, dimana Tim yang melakukan pembinaan terdiri dari 4 (empat) Tim yang masing-masing Tim melaksanakan pembinaan di 3 (tiga) Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sebelum melakukan pembinaan ke OPD yang telah ditetapkan pada hari pertama seluruh Tim beserta anggotanya berkumpul untuk bersama-sama membahas tentang langkah-langkah yang akan dilakukan dan menyusun time schedule selama masa penugasan di masing-masing OPD. Selanjutnya Tim bergerak ke OPD masing-masing untuk melakukan pembinaan maturitas SPIP sesuai dengan jadwal yang telah disusun tersebut

SPI menurut PP 60/2008, Bab I Ps. 1 butir 1 adalah Proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Sedangkan SPIP PP 60/2008, Bab I Ps. 1 butir 2 adalah sistem pengendalian intern (SPI) yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

sedangkan Tujuan SPIP tertuang dalam PP 60 pasal PP Nomor 60 Tahun 2008 Pasal 2 ayat (3) adalah untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan negara, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

dan PP Nomor 60 Tahun 2008 Pasal 2 ayat (1) menyatakan bahwa Untuk mencapai pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, menteri/pimpinan lembaga, gubernur, dan bupati/walikota wajib melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan.

Adapun unsur – unsur SPIP terdiri dari ;

1. Lingkungan Pengendalian

2. Penilaian Resiko

3. Kegiatan pengendalian

4. Informasi dan Komunikasi

5. Pemantauan Pengendalian Intern

Akhirnya meski masih terdapat kekurangan yang dirasakan oleh Tim Pembinaan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Inspektorat Kabupaten Serang baik dalam hal penyampaian materi maupun dalam hal lainnya tetapi Tim selalu optimis bahwa memulai dengan niat yang baik tentu akan menghasilkan hal yang baik sesuai dengan harapan Inspektur Kabupaten Serang (Drs. H. Rachmat Jaya, M.Si) bahwa Inspektorat Kabupaten Serang harus bermanfaat dan menjadi trouble solver atas setiap permasalahan yang berkaitan dengan urusan kedinasan bagi seluruh OPD di Kabupaten Serang

 

Fields with * are required.

Komentar

No results found.

Berita Lainnya

JADWAL SHOLAT

FOTO KEGIATAN

#

Online Chat

Social Media

#
#
#
#

Hukum Inspektorat

TAUTAN

# # # # # #

FACEBOOK

 

TWITTER