Quick Info
 

INSPEKTORAT SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN GRATIFIKASI

Selasa, 22 Mei 2018 | 10:26:35 WIB
 
 

Serang – pada tanggal 02 - 9 Mei 2018 telah dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 45 Tahun 2016 tentang Pencegahan dan Pengendalian Gratifikasi (PPG) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang serta menyampaikan kepada OPD/Instansi yang dikunjungi bahwa telah dibentuknya Tim Unit Pencegahan dan Pengendalian Gratifikasi yang dituangkan dalam Keputusan Bupati Nomor : 700/Kep.101-Huk.Org/2018 yang sekretariatnya bertempat di Kantor Inspektorat Kabupaten Serang.

Adapun dasar melaksanakan kegiatan sosialisasi adalah Surat Perintah Inspektur Kabupaten Serang Nomor : 700/300/Inspektorat/2018. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dibagi ke dalam 3 (tiga) Tim dimana masing-masing Tim melakukan sosialisasi di 7 (tujuh) OPD/Instansi yang terdiri dari 2 Dinas dan 5 Kecamatan jadi total keseluruhan OPD/Instansi yang telah tersosialisasi sebanyak 21 OPD. hal – hal yang dilakukan oleh Tim pada saat melaksanakan sosialiasi adalah sebagai berikut ;

1. mengumpulkan pegawai yang ada di OPD/Instansi yang dikunjungi untuk selanjutnya berkumpul dalam satu ruangan

2. Tim membagikan Foto Copi Peraturan Bupati Nomor 45 Tahun 2016 tentang Pencegahan dan Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang dan Keputusan Bupati Serang Nomor : 700/Kep.102-Huk.Org/2018.

3. Sebelum Sosialisasi dari unsur OPD / Instansi yang dikunjungi memberikan Sambutan sekaligus membuka Acara Sosialisasi.

4. Tim UPPG menyampaikan materi Sosialisasi yang telah dipersiapkan dengan menggunakan media layar Infocus bagi OPD/Instansi yang memiliki fasilitas tersebut sedangkan bagi yang tidak memiliki Tim UPPG menyampaikan materi dengan cara dibacakan, selanjutnya materi yang telah dipersiapkan tersebut setelah acara selesai diberikan dalam bentuk soft copi kepada OPD/Instansi yang dikunjungi.

5. Diberikan waktu untuk tanya jawab yang dilakukan baik pada saat pelaksanaan pemaparan materi dimana peserta sosialisasi merasa masih ada yang belum dapat dipahami maupun pada saat setelah materi disampaikan

Adapun hambatan / kendala yang terjadi pada saat dilaksanakannya kegiatan sosialisasi di OPD / Instansi yang dikunjungi diantaranya adalah :

1. Adanya jadwal kegiatan pimpinan OPD / Instansi yang berbenturan dengan jadwal pelaksanaan yang telah disusun oleh Tim sehingga pada saat pelaksanaan kegiatan ada beberapa OPD/Instansi yang pejabat strukturalnya tidak dapat menghadiri acara sosialisasi tersebut

2. Tidak seluruh OPD / Instansi yang dikunjungi memiliki fasilitas penunjang presentasi ( infocus beserta layar ) sehingga hal tersebut mengakibatkan penyampaian materi sosialisasi yang dilakukan oleh Tim UPPG tidak berjalan maksimal :

Meski terdapat hambatan / kendala dalam melaksanakan sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 45 Tahun 2016, Tim UPPG Inspektorat Kabupaten Serang optimis bahwa apa yang telah disampaikan pada saat melakukan sosialisasi dapat berdampak positif terhadap perubahan mainseat Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang khususnya bagi OPD/ Instansi yang telah di kunjungi oleh Tim UPPG, agar lebih berhati - hati dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan tugas kedinasan. Karena kewajiban ASN seperti tertuang dalam pasal 23 yang diantaranya adalah ; menaati ketentuan peraturan perundang-undangan ; Melaksanakan tugas kedinasan dengan penuh pengabdian, kejujuran, kesadaran, dan tanggung jawab ; Menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap, perilaku, ucapan dan tindakan kepada setiap orang, baik di dalam maupun di luar kedinasan. Akhinya semoga kegiatan ini merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan penyelenggaran pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme. Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya ” sebaik - baiknya manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia ”

 

Fields with * are required.

Komentar

No results found.

Berita Lainnya

JADWAL SHOLAT

FOTO KEGIATAN

#

Online Chat

Social Media

#
#
#
#

Hukum Inspektorat

TAUTAN

# # # # # #

FACEBOOK

 

TWITTER