Quick Info
 

WORKSHOP TUNAS, SISTEM DAN KOMITE INTEGRITAS TAHUN 2018

Jumat, 13 April 2018 | 11:15:20 WIB
 
 

Serang – pada tanggal 4 - 6 April 2018 telah dilaksanakan Kegiatan Workshop Tunas, Sistem dan Komite Integritas Tahun 2018 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang yang bertempat di Ruangan Aula Tb. Suwandi Sekretariat Daerah Kabupaten Serang dimana acara tersebut dibuka langsung Bupati Serang (Hj. Ratu Tatu Chasanah, SE.Ak, M.Ak) dengan Narasumber Asep Chaerullah, Anto Ikayadi dan Ryan Herviansyah Utama dari Tim Kolaborasi Integritas Nasional serta di hadiri oleh Wakil Bupati Serang, Ketua DPRD Kab. Serang, Wakil Ketua DPRD Kab. Serang, Ketua Komisi III DPRD Kab. Serang, Pj. Sekda Kab. Serang, Inspektur Kab. Serang, Asda I, II, III, Staff Ahli Bupati, Kepala Dinas/Badan pada OPD Se – Kab. Serang, Kejari Cilegon, Kejari Serang, Polres Serang, Polres Serang Kota, Polres Cilegon, Kodim Serang, Kodim Cilegon, Manajer PT. SBM, Dirut BPR, Dirut PDAM Al-Bantani dan Direktur PDPK Ciomas.

Pembahasan pada kegiatan tersebut meliputi ;

1. Pembangunan Budaya Integritas Nasional merupakan upaya untuk mewujudkan Indonesia yang berintegritas dalam rangka mendukung pemberantasan korupsi secara terintegrasi yang melibatkan seluruh pilar penting bangsa. Korupsi dapat berkurang jika setiap pilar memiliki akuntabilitas horizontal yang mendistribusikan kekuasaan sehingga tidak ada monopoli dan kebijakan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan

2. Workshop Tunas, Sistem dan Komite Integritas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang adalah salah satu perwujudan dari tekad dan tujuan Pemerintah Kabupaten Serang untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dari KKN dengan cara memahami pendekatan penanaman atau interrnalisasi nilai-nilai integritas dan perubahan budaya organisasi.

3. Pembangunan budaya integritas yang diselaraskan dengan tujuan nasional dan tujuan setiap daerah (visi, misi dan visium) akan memberikan kontribusi terhadap upaya positif pemberantasan korupsi.

4. Membuat visium Kabupaten Serang, yang didasari dari : Produk unggulan yang dapat berkompetisi dengan daerah lain, yaitu : Daerah wisata, Kota industri dan sumber daya maritim/pelabuhan terintegrasi.

5. Untuk menunjang keberhasilan produk unggulan tersebut diperlukan Kode Etik yang menjadi pedoman perilaku masyarakat Kabupaten Serang, yaitu :

- Religius, mengandung arti bahwa masyarakat Kabupaten Serang berperilaku sederhana, bersih, peduli, adil, ramah dan aman.

- Integritas, mengandung arti bahwa masyarakat Kabupaten Serang berperilaku konsisten, jujur dan bertanggungjawab.

- Visioner, mengandung arti bahwa masyarakat Kabupaten Serang berperilaku unggul, inovatif, berdaya saing, sinergi dan gotong royong.

- Profesional, mengandung arti bahwa masyarakat Kabupaten Serang berperilaku tekun, kerja keras, disiplin, amanah dan komitmen.

6. Dari kode etik Kabupaten Serang tersebut, maka dibuat Visium Kabupaten Serang, yaitu “SERANG RESEP”.

7. Rencana Strategi yang akan dilakukan, yaitu :

- Pembuatan Perda Integrasi.

- Pembentukan Komite Integrasi dengan dibuktikan SK Komite Integrasi.

- Mengadakan workshop Penyusunan Panduan Budaya Integritas.

- TOT Tunas Integritas.

- Pembuatan naskah kajian akademis.

- Mengadakan workshop Penyusunan Anggaran Tahun 2019.

- Mengadakan workshop Pengendalian integritas.

Diselenggarakannya workshop ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap sistem manajemen di OPD se – Kabupaten Serang, hal tersebut agar OPD sebagai perpanjangan tangan dari Kepala Daerah dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi secara berintegritas dengan berbasiskan keunggulan masing-masing untuk selanjutnya bersinergi satu dengan yang lainnya serta dapat menerapkan akuntabiltas dan transparansi dalam bentuk implementasi sistem integritas sehingga pemberantasan korupsi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Serang dapat dijalankan secara efektif dan efisien bahkan dapat mengantisipasi terhadap timbulnya perilaku koruptif jenis baru.

 

Fields with * are required.

Komentar

No results found.

Berita Lainnya

JADWAL SHOLAT

FOTO KEGIATAN

#

Online Chat

Social Media

#
#
#
#

Hukum Inspektorat

TAUTAN

# # # # # #

FACEBOOK

 

TWITTER